Beda dari Tahun Sebelumnya, Juara Pertama Bebas Tes Masuk Politeknik Negeri Ujung Pandang


Sumber gambar dari facebook.com
Wawancara Khusus dengan Muhammad Ilham S., Ketua Panitia EIR 2015 Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Elektro Invention Race (EIR) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro Politeknik Negeri Ujung Pandang dengan beberapa cabang lomba yang dapat diikuti, mulai dari desain web, desain grafis, administrasi jaringan, instalasi listrik, ketangkasan merakit robot, jurnalistik, fotografi, dan karya ilmiah. Ajang ini merupakan kompetensi antar SMA/SMK se-Sulawesi Selatan dengan menghadirkan seminar sebagai bagian dari EIR 2015.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang kegiatan EIR 2015, maka  dilakukan wawacara terhadap Ketua Panitia EIR 2015 Politeknik Negeri Ujung Pandang, Muhammad Ilham S. disela-sela pelaksanaan technical meeting, Jum'at (20/11) di aula Politeknik Negeri Ujung Pandang. Berikut petikan wawancaranya.


Bisa dijelaskan berapa sekolah yang ikut ambil bagian pada event EIR 2015 dan dari mana saja?

Sampai saat ini (20/11) jumlah sekolah yang sudah terdaftar sebanyak 14 sekolah. Tiga di antaranya berasal dari luar kota Makssar, yakni SMAN 1 Maros, SMK 1  Maros, dan SMK 4 Pinrang dengan total keseluruhan jumlah peserta sebanyak 135 orang.

Dari jumlah sekolah yang mendaftar pada EIR 2015, antara SMA dan SMK siapa yang paling banyak mengutus pesertanya?
Lima puluh, lima puluh. Baik SMA dan SMK, jumlah peserta yang diutus sama rata.

Dari keseluruhan bidang lomba yang ada. Manakah di antaranya yang paling banyak diminati peserta EIR 2015?
Lomba yang paling diminati untuk EIR 2015 adalah desain grafis.

Di antara delapan bidang lomba yang disertakan, manakah di antaranya yang memiliki tingkat kesulitan di atas rata-rata?
Administrasi jaringan dan desain grafis.

Jika dibandingkan dengan pelaksanaan EIR di tahun sebelumnya, apa di tahun ini mengalami peningkatan jumlah peserta?
Alhamdulillah, jumlah peserta yang ikut pada EIR 2015 mengalami peningkatan signifikan, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Secara garis besar, apa perbedaan EIR 2015 dengan tahun sebelumnya?
Tidak seperti tahun lalu. Di tahun ini kami (EIR 2015) sudah tidak mengadakan lomba cerdas-cermat dan mading. Tetapi menambahkan bidang lomba jurnalistik, karya tulis ilmiah, dan fotografi. Selain itu juga, untuk masing-masing juara pertama dari lomba desain web, desain grafis, administrasi jaring, instalasi listrik, dan merakit robot akan bebas tes untuk masuk ke Politeknik Negeri Ujung Pandang.


Apa ada sekolah yang kelak akan menjadi juara umum EIR 2015?

Sekolah dengan jumlah nilai rata-rata paling tinggi pada delapan bidang lomba dari keseluruhan sekolah yang ikut serta akan dinyatakan sebagai juara umum EIR 2015.

Sedikit berbagi pengalaman. Selama proses persiapan sampai hari ini technical meeting (20/11) dilaksanakan. Adakah kendala yang ditemukan oleh pihak panitia?
Kami menemukan banyak kendala. Salah satunya ialah dukungan finansial dari pihak kampus yang cukup terbatas. Sehingga kami (panitia) melakukan penggalangan dana, termasuk pencarian sponsor agar kegiatan ini lebih sukses dari tahun sebelumnya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan panitia sehingga EIR 2015 ini dapat terlaksana?
Penunjukkan saya sebagai ketua panitia EIR 2015 terjadi H-45 hari sebelum EIR 2015 ini diselenggarakan. Akan tetapi, kekompakan yang dimiliki oleh seluruh panitia (jurusan Teknik Elektro angkatan 2014) sehingga kegiatan ini dapat terwujud dan semoga berjalan lancar hingga akhir acara.

Berapa jumlah panitia yang terlibat pada EIR 2015?
Sampai saat ini (20/11), kami (selaku ketua panitia) belum bisa menyebutkan angka yang pasti dari jumlah panitia. Karena mengingat kegiatan ini (EIR 2015) event besar, maka tentu akan banyak lagi volunteer yang ikut serta.

Berapa rasio perbandingan jumlah lelaki dan perempuan yang menjadi panitia?
Sudah tentu panitia EIR 2015 kebanyakan lelaki. Mengingat jurusan kami (Teknik Elektro) yang didominasi oleh lelaki.

Terakhir, apa harapan dari terlaksananya EIR 2015?
Dengan terlaksananya EIR 2015, kami berharap dapat melahirkan teknokrat-teknokrat muda yang handal dan kelak masuk di Politeknik Negeri Ujung Pandang. EIR 2015 sendiri merupakan jalur khusus sehingga orang-orang dengan kemampuan tertentu dapat menjadi bagian dan belajar di Politeknik Negeri Ujung Pandang.


Biodata
Nama : Muhammad Ilham Syarifuddin
Jurusan : Teknik Elektro
Prodi : Teknik Komputer dan Jaringan
Angkatan : 2014
Tempat/tanggal lahir : Ujung Pandang, 16 Oktober 1996
Hobi : Explore sesuatu....
Facebook : muhilhams
Twitter : @muhilham_s

You Might Also Like

0 komentar