Toraja dan Toraja Utara Belum Miliki PTSP

Makassar - Di antara 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, tinggal Toraja dan Toraja Utara yang belum memiliki Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Hal ini terungkap di Forum PTSP Sulawesi Selatan V. 

"Forum ini dibentuk pada bulan Juni tahun 2012. Yang merupakan hasil inisiasi anggota forum yang terdiri dari kepala PTSP se-kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan, kecuali kabupaten Toraja dan Toraja Utara yang diwakili oleh kepala bagian organisasi. Hal ini disebabkan karena kedua daerah itu belum memiliki PTSP," Ujar ketua Forum PTSP Sulawesi Selatan, Haryanto saat ditemui di hotel Swiss Bel Inn Makassar, Rabu (23/01/2014).

Suasana Forum PTSP Sulsel V
Sumber Gambar : Koleksi Pribadi

Haryanto menambahkan, Perda kelembagaan PTSP sudah terbentuk tapi staff pelaksana belum ditetapkan oleh bupati Toraja dan Toraja Utara. 

Acara yang dibuka oleh salah satu Asisten Gubernur pemerintah provinsi Sulawesi Selatan ini. Mengusung tema "Penyederhanaan Perizinan di Daerah Untuk Percepatan Reformasi Birokrasi di Provinsi Sulawesi Selatan" yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Kinerja USAID serta Yayasan Adil Sejahtera (YAS).

"Pembentukan PTSP sendiri mengacu pada Permendagri No. 24 tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan PTSP dan Permendagri No. 20 tahun 2008 tentang Kelembagaan PTSP di daerah. Hal ini berlaku untuk PTSP yang dibentuk di bawah tahun 2009. Sedangkan untuk PTSP yang dibentuk setelah tahun 2009. Mengacu pada Peraturan Presiden No. 27 tahun 2009, dimana PTSP disatukan dengan penanaman modal," papar Haryanto.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 22 - 23 Januari 2014 ini dihadiri oleh seluruh kepala PTSP se-Sulawesi Selatan. Turut hadir pula kepala Perwakilan Ombudsman RI perwakilan Sulawesi Selatan, dan para LPSS Kinerja USAID.

Haryanto menambahkan, Forum ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyatukan persepsi bersama dan sebagai wadah saling bertukar informasi antar satu PTSP dengan PTSP yang lain.

You Might Also Like

2 komentar