Metaplan Hiasi Evaluasi Program

Makassar - Evaluasi program media Jurnal Celebes dan Kinerja USAID yang dilaksanakan di rumah makan Ulu' Juku, Selasa (10/12/2013) berlangsung lancar. Evaluasi ini menghasilkan banyak tumpukan kertas metaplan yang digunakan untuk merangkum setiap pembahasan. 

Dalam kumpulan metaplan tersebut, salah seorang dari tim Kinerja USAID, Muntajid menunjukkan secara to the point bagian demi bagian dari capaian yang telah dilakukan Jurnal Celebes selama masa tahun kedua kerja samanya dengan Kinerja USAID.

"Dari capaian yang telah kami lakukan, ada beberapa hal yang kami rekomendasikan untuk tahun mendatang. Di antaranya, perlu adanya lanjutan pendampingan PPID agar dapat direplikasi pada SKPD yang lain. " ujar Direktur Jurnal Celebes, Mustam Arif.
Suasana Evaluasi Program
Gambar : facebook.com
Mustam menambahkan, dianggap penting juga untuk melanjutkan pendampingan terhadap para jurnalis warga. Sekiranya ke depannya, eksistensi jurnalis warga dapat mendorong publikasi praktik cerdas dan advokasi layanan publik, khususnya pada sektor yang didukung Kinerja lebih luas.

Selain direktur dan staf Jurnal Celebes. Evaluasi ini menghadirkan semua fasilitator media dan LPSS dari setiap kabupaten dampingan Kinerja, masing-masing dari Makassar, Bulukumba, Luwu, Luwu Utara, dan Barru. Serta utusan tim Kinerja USAID.

Namun, ada hal cerita menarik yang disampaikan para fasilitator media dan LPSS dari kabupaten dampingan Kinerja USAID.

"Khusus untuk daerah kami, ada 2 orang jurnalis warga yang telah direkrut media mainstream menjadi jurnalis," ucap Fasilitator Media Barru, Andi Nur Ahmad.

Hal yang berbeda diungkapkan LPSS asal Luwu Utara, Ir. Muh. Sahaka, di daerah kami, jurnalis warga memiliki wadah yang bernama Warung Demokrasi. Hal ini digunakan sebagai media temu antar jurnalis warga Luwu Utara dan bertukar pikiran.



Tulisan ini juga dpublikasikan pada kinerja-sulsel.org dan kompasiana.com

You Might Also Like

0 komentar