Model Survey Beda, Pilihan Puskesmas Pattingaloang

Makassar - Dalam rangka peningkatan pelayanan petugas kesehatan. Kinerja USAID memilih puskesmas Pattingaloang sebagai salah satu puskesmas dampingan. Hal ini didasari dari karakteristik masyarakat sekitar yang dinilai berbeda.

Puskesmas Pattingaloang merupakan tempat kedua yang dikunjungi tim Kinerja USAID dan utusan Lembaga Administrasi Negara (LAN) pusat. Kunjungan ini berlangsung pada hari Rabu (30/10/2013).

Kepala Puskesmas Pattingaloang, dr. Yuliaty Ponrekum, saat kunjungan berlangsung, menyampaikan, "Dengan adanya pendampingan Kinerja USAID, kami mengalami banyak perkembangan dari banyaknya pelatihan dan pembelajaran yang diberikan. Kami bersyukur karena didampingi dalam menyusun SOP serta visi dan misi yang sesuai standar."



Tim Kinerja USAID dan Utusan LAN RI Saat Menemui Kepala Puskesmas Pattingaloang, Makassar
Sumber : Pribadi
Beliau juga menceritakan hasil survei terhadap puskesmas yang dipimpinnya, "Baru-baru ini kami melakukan survei dan mencatat 31 poin penting. Namun, hanya sekitar 17 poin saja yang bersinergi dengan kinerja puskesmas terkait dengan program peningkatan pelayanan masyarakat."

Sebagai puskesmas yang membawahi 19 posyandu, puskesmas Pattiangloang mempunyai cara tersendiri dalam mengajak pasien atau pengunjung untuk menyampaikan berpartisipasi. Partisipasinya dimaksudkan agar masyarakat mampu menyampaikan tanggapan mereka, terkait dengan kinerja pelayanan petugas. Dimana pasien/pengunjung cukup memilih salah satu warna yang disediakan, untuk mewakili kepuasan atau ketidakpuasan mereka.

"Pada kenyatannya di lapangan, tidak sedikit dari pasien atau pengunjung yang secara langsung menyampaikan keluhannya kepada petugas atau tenaga medis," ujar dr. Yuliaty Ponrekum dalam menyampaikan salah satu tantangan mereka.

"Sayangnya, hasil pengaduan berdasarkan warna ini tidak memberikan gambaran sektor mana yang memiliki pelayanan minim. Kami berencana untuk membuat warna berbeda yang sekiranya dapat wakili pasien dalam mengungkapkan keluhannya pada masing-masing bagian dari puskesmas," paparnya.



Tim Kinerja dan Utusan LAN RI Melakukan Registrasi di Puskesmas Pattingaloang, Makassar
Sumber : Pribadi
Pada kesempatan itu, Tim Kinerja USAID Sulsel dalam hal ini, Sitti Rohani mengatakan, "Kami sangat senang dengan respon yang diberikan pihak puskesmas. Puskesmas sekiranya mampu me-follow up perubahan positif yang telah Kinerja lakukan. Kami juga memberi apresiasi kepada puskesmas Pattingaloang yang memiliki kader yang berprestasi."

Hal berbeda diutarakan utusan Lembaga Administrasi Negara (LAN) pusat, Muh. Idris, "Perubahan baik yang telah terjadi di puskesmas kelak dapat dijadikan sebagai unit pembelajaran bagi unit yang lain. Namun, evaluasi dan monitoring terhadap perkembangan yang terjadi juga penting."

You Might Also Like

0 komentar