Menengok Program Upaya Kesehatan Kerja Dan Pengembangan Lansia


Struktur Organisasi Puskesmas Cendrawasih
Sumber : Surya R. Labetubun
Diskusi reguler KINERJA USAID dan JURnal Celebes yang dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2013 di puskesmas Cendrawasih membahas tentang program upaya kesehatan kerja yang menjadi produk andalan yang dibanggakan puskesmas Cendrawasih, selain dari pengembangan lansia.

Kepala puskesmas Cendrawasih, dr. Nurhayati Ingratubun, M. Kes. menjelaskan, “Selain dari 6 program utama dan 18 program pengembangan yang dimiliki di puskesmas ini. Program upaya kesehatan kerja menjadi hal yang patut kami banggakan.”

“Program ini meliputi promosi kesehatan, kesehatan lingkungan yakni kesehatan kerja, semua dilakukan di daerah industri. Kami juga melakukan kunjungan ke seluruh home industry binaan kami. Di sana, kami mengarahkan para pekerja untuk menggunakan alat perlindungan diri demi keselamatan kerja dan memaparkan semua yang terkait dengan kesehatan kerja,” lanjut Nurhayati.

Pengkategorian Sampah
Sumber : Surya R. Labetubun
Sebagai salah satu dari sekian banyak puskesmas yang bekerja sama dengan KINERJA USAID, puskesmas Cendrawasih dengan cakupan daerah 7 kelurahan, mesti memantai sekitar 16 home industry dan 24 depot yang menjadi bagian dari program upaya kesehatan kerja mereka. Dimana khusus untuk usaha tahu tempe fokus di daerah Karang Anyar.

“Para pekerja, kami berikan kartu kesehatan, dimana para pemegang kartu tersebut berhak untuk datang ke puskesmas Cendrawasih untuk memeriksakan kesehatannya. Dengan begitu, kami dapat mengontrol bagaimana kesehatan mereka,” jelas perempuan berdarah Maluku Tenggara ini.

Nurhayati menambahkan, “Jauh sebelumnya, langkah awal yang kami lakukan yakni mendatangi semua home industry untuk sosialiasi tentang upaya kesehatan kerja. Respon para pekerja yang tidak begitu antusias tidak membuat kami menyerah. Kami sadari bahwa mungkin ada ketakutan yang mereka rasakan, tapi tujuan kami baik. Dan Alhamdulillah sekarang sudah tidak lagi.”

Salah Satu Dinding Dipenuhi Informasi Bermanfaat
Bagi Pengunjung Puskesmas Cendrawasih
Sumber : Surya R. Labetubun
Puskesmas Cendrawasih juga turut menjadi bagian dari program pengembangan lansia, dimana ini merupakan wujud nyata dari keikutsertaan puskesmas dalam upaya meningkatkan umur harapan hidup menuju standar internasional.

“Pengembangan lansia bertujuan agar umur harapan hidup para lansia dapat melewati standar nasional dan loncat ke standar internasional. Selain membuat mereka menjadi lebih produktif,’ ujar kepala puskesmas dengan jumlah penduduk 39. 069 jiwa ini.

Nurhayati juga menjelaskan tentang program pengembangan lansia puskesmas Cendrawasih, “Dalam program ini, kami mengajak para lansia untuk hidup sehat dengan senantiasa melaksanakan senam lansia, mengecek kesehatan mereka, dan memberi mereka keterampilan seperti merajut dan  membuat abon telur agar menjadi produktif.”

“Kami juga patut berbangga karena pada bulan April lalu, lansia kami juara 1 Nasional dalam lomba Bina Keluarga Lansia (BKL) Sakura,” tandas Nurhayati.

You Might Also Like

0 komentar