Dari Papua Menengok Pelayanan Prima Puskesmas Batua

Utusan dari tim Kinerja Papua tepatnya hari Rabu, (21 Agustus 2013), akhirnya berkunjung ke puskesmas Batua, Makassar. Kunjungan ini juga menghadirkan para kader puskesmas yang selama ini menjadi ujung tombak pihak puskesmas dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan. Ikut hadir juga beberapa media lokal dan juara pertama duta ASI Eksklusif untuk ibu serta juara kedua duta Duta ASI Eksklusif untuk ayah pada lomba yang diadakan dinas Kesehatan baru-baru ini.

Kunjungan Tim Kinerja Papua di Puskesmas Batua Kota Makassar
Sumber : Facebook.com



Para Juara Utusan Puskesmas Batua Kota Makassar
Sumber : Facebook.com


Berawal dari tulisan pada sebuah media on line tentang bagaimana pelayanan kesehatan yang dilakukan di puskesmas Batua, akhirnya mendorong utusan dari tim Kinerja Papua untuk langsung melihat bagamaina puskesmas Batua kota Makassar beroperasi.

Kunjungan ini difokuskan pada bagaimana pihak puskesmas melakukan pelayanan kesehatan dan respon masyarakat dengan keterbukaan puskesmas yang menyediakan media seperti kotak pengaduan dan sistem pengaduan langsung melalui sms.

Tim Kinerja Papua, Rekan Media, dan Para Kader Nampak Fokus Saat Talkshow Berlangsung
Sumber : Koleksi Pribadi

Dituturkan oleh Ramluddin selaku staf puskesmas Batua dalam talkshownya, "Dengan tersedianya kotak pengaduan serta sistem pengaduan secara langsung, kami selaku pihak puskesmas justru merasa terbantu, karena dengan demikian kami dapat dengan jelas mengetahui apa ada hal yang perlu yang kami perbaiki, untuk wilayah sarana prasarana dan pelayanan dari para staf."


"Untuk pengaduan via sms, maka kami secara langsung merespon pengaduan yang masuk ke 4 nomor yang tersedia di papan informasi, masing-masing ke kepala puskesmas, koordinator lapangan, kepala tata usaha, dan koordinator rawat inap. Sedangkan untuk jenis pengaduan melalui kotak pengaduan telah disediakan waktu khusus dimana kotak pengaduan akan dibuka bersama-sama dengan utusan masyarakat dan pihak puskesmas. Hal yang menarik di sini, yakni utusan dari masyarakat yang memegang kunci kotak pengaduan," jelas pria yang juga merupakan salah satu Jurnalis Warga dampingan JURnal Celebes.

Tim Kinerja Papua Saat Menengok Langsung Kondisi Puskesmas Batu
Sumber : Koleksi Pribadi

Kunjungan ini dirangkaikan dengan talkshow sehingga para utusan tidak hanya mendapatkan informasi secara lisan tetapi juga melihat langsung setiap sudut puskesmas Batua.

You Might Also Like

0 komentar