"Fresh n Smart" Di Release Party Ubuntu 13.04

Logo Ubuntu 13.04 Raring Ringtail
Sumber : ricardofeliciano.me


Pelaksanaan acara "Release Party Ubuntu 13.04 Raring Ringtail"  oleh STIMED NUSA PALAPA yang bertempat di Fajar Room, Gedung Graha Pena lantai 4 pada hari sabtu (1 Juni 2013) berlangsung sukses. Acara ini menghadirkan Wiwin Heriadi AD yang berasal dari Komunitas Ubuntu Makassar selaku narasumber yang fokus membahas fitur-fitur pada Ubuntu 13.04 dan Fikriyanto Latief dari Komunitas Android Makassar yang membahas tentang Android Application Development.

Bantuan dari beberapa pihak membuat panitia hanya memerlukan kurun waktu sebulan hingga acara terlaksana, seperti adanya dukungan penuh dari pihak kampus (STIMED NUSA PALAPA) yang dibuktikan dengan penyediaan ruangan untuk digunakan saat acara berlangsung dan juga support dari Info Linux dan UjungPandang Ekspress.

Penyerahan Hadiah Doorprice kepada Peserta
Sumber: Pribadi
Salah Satu Peserta Bertanya Saat Sesi Tanya Jawab
Sumber : www.Facebook.com

Acara yang dihadiri 139 orang ini dalam perjalanannya juga menemukan masalah diseputar pencarian sponsor dan publikasi. Namun, berkat kerja sama yang baik antara BEM STIMED NUSA PALAPA dan ENERGI, acara bertema "Open Source Everywhere" ini mampu menarik minat peserta asal STMIK AKBA, SMK KARTIKA XX-1 WIRABUANA Makassar, UIN ALAUDDIN, STIMIK KARISMA, LUGU, SMK TRI TUNGGAL, study club DCC STIMIK DIPANEGARA, dan juga masyarakat umum.

Dalam acara ini, Wiwin Heriadi AD membahas secara mendetail tentang fitur-fitur yang dapat dinikmati oleh user saat menggunakan Ubuntu 13.04 Raring Ringtail. "Fitur baru yang dapat ditemukan pada versi ini yakni desain baru icon app launcher, manajemen window yang lebih efektif, snap animation, style baru pada End Session Unity yang mengarah pada penggunaannya di tablet, workspaces enable/disable and show desktop di launcher, minimal launcher inco size dengan ukuran 32 pixel - 8 pixel, koleksi wallpaper terbaru yang lebih banyak, dan control bluetooth yang begitu mudah", paparnya.

Wiwin Heriadi AD Saat Membawakan Materi
Sumber : facebook.com
Panitia Pelaksana Berfoto Bersama Moderator Acara
Musa Amin, Ketua  Ubuntu Makassar
Sumber : www.Facebook.com

"Selain itu, pada Ubuntu 13.04 sudah menggunakan kernel 3.8.8. Lebih lanjut lagi hal baru lainnya yakni setelah melepaskan Open Office, maka linux menggunakan LibreOffice 4.0 yang akan sangat membantu dalam pengolahan kata, angka, data, dan lainnya. Bagi para pekerja kantoran yang sering dimintai untuk mencetak tugas mereka, aplikasi  Cup 1.6.2 dan Cups-Filters dapat membantu mereka dalam memudahkan pekerjaannya. Ada juga Phyton 3.3, Unity 7, dan terakhir yaitu Upstart 1.8," jelas Wiwin Heriadi AD.

Adapun aplikasi bawaan yang dapat ditemukan dari Ubuntu 13.04 Raring Ringtail yakni:
- LibreOffice 4.0.2
- Firefox 20.0
- Thunderbird 17.0.5
- Ubuntu Software Center 5.6.0
- Transmission 2.77
- Deja Dup backup tool 26.0
- Shotwell 0.14.0
- Rhythmbox 2.98
- Videos 3.6.3
- Gedit 3.6.2
- Brasero 3.6.1
- Empathy 3.6.4
- Simple Scan 3.6.1
- Document Viewer 3.6.1


Fikriyanto Latief Tampil Aktraktif Saat Membawakan Materi
Sumber : Facebook.com
Peserta Asal SMK Kartika XX-1 Wirabuana Makassar
Berfoto Bersama Salah Satu Narasumber, Fikriyanto Latief
Sumber: Pribadi








Tulisan ini juga di-posting pada
http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2013/06/03/fresh-n-smart-di-release-party-ubuntu-1304-565418.html

You Might Also Like

6 komentar