Tingkatkan Produktivitas Nasional Dan Gaungkan Makassar Di ICT USO EXPO 2013



A. PROGRAM USO MENYENTUH PEDALAMAN SEKALIGUS MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS NASIONAL

Papan Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK)
Gambar : dishubkominfo.gunungkidulkab.go.id
Perkembangan kemajuan teknologi informasi  dan komunikasi atau yang dikenal juga dengan Information and Communication Technologies (ICT) memegang masanya kini, dimana ICT yang dimaksud mencakup pada keseluruhan perangkat teknis sebagai media untuk mengolah dan menyampaikan informasi.  Konsep ICT jika dibagi menjadi 2 bagian, yakni teknologi informasi serta teknologi komunikasi memainkan peranannya masing-masing namun menjadi sesuatu yang saling berkaitan dan membutuhkan. Jika konsep teknologi informasi dikaitkan dengan segala hal yang berkaitan dengan pemanfaatan perangkat (hardware) untuk memproses informasi, termasuk juga manipulasi, pengolahan, dan penyajian informasi, maka teknologi komunikasi lebih di titik beratkan pada bagaimana sebuah perangkat digunakan untuk memproses dan mentransfer data dari sender ke receiver

Kemudahan dalam mengakses informasi bagi sebahagian orang adalah sesuatu yang mudah, apalagi jika didukung dengan kelengkapan perangkat atau gadget dan tersedianya layanan internet. Seolah-olah segalanya dapat kita tempuh hanya dengan perjalanan yang cepat dengan bantuan ujung jari saja. Namun, permasalahan yang muncul adalah masih kurangnya kesadaran dan kepedulian hal layak terhadap arti pentingnya menjadi bagian dalam upaya pembangunan akses telekomunikasi dan informatika baik dengan prusahaan penyiaraan melalui program Universal Service Obligation (USO) yang pada dasarkan berguna untuk meningkatkan mutu pelayanan ICT di negeri merah putih.


Dokumentasi Penandatangan Kontrak USO Internet Kecamatan
Antara Kemenkoninfo dan PT Listasartha untuk 
Paket Pekerjaan 7,8, dan 9 
Gambar : btip.postel.go.id
Eksistensi program USO diharapkan pada akhirnya mampu menolong masyarakat yang selama ini terisolir dengan dunia luar. Bagi negara yang penduduknya tidak sedikit hidup di area perekonomian ke bawah, seperti Indonesia, manfaat besar yang dapat diperoleh dengan tersedianya akses atau gerbang baru, dimana pengolahan informasi dan pendistribusiannya yang baik melalui media komunikasi akan membuka banyak peluang di berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Program USO yang merupakan hasil rancangan dari pemerintah yang lahir sebagai salah satu aksi dalam upaya memeratakan pembangunan infrastruktur ke seluruh pelosok nusantara, sehingga bahkan masyarakat di pedalaman pun dapat mengakses dunia selain dari yang selama ini mereka lihat, sebagai contoh yakni dengan adanya peluang membangun hubungan sosial dengan pihak lain semisal dalam bidang perniagaan dengan pendistribusian yang terorganisir dengan baik, yang secara tidak langsung akan mendongkrak lajur perekonomian daerah tersebut dan hal paling nyata ialah meningkatkan taraf hidup masyarakat dan ini berarti telah menjadi bagian dalam produktifitas nasional di ranah perekonomian.

Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK)
Gambar : mplikbulukumba.wordpress.com
Penyebaran informasi yang baik pada kenyataannya memberi sumbangsih pada meningkatnya minat masyarakat dalam peningkatan produktifitas nasional, ini dapat dilihat dari menjamurnya bisnis hand made atau bisnis rumahan yang lebih signifikan memengaruhi laju perekonomian masyarakat kelas kecil. Usaha ini banyak merangkul para remaja dan ibu-ibu yang sebahagian besar hanya sebagai ibu rumah tangga atau ada juga yang belum memiliki pekerjaan tetap. Usaha-usaha teri ini kian menjadi trend di antara kemudahan dalam berbelanja. Sistem penjualan dan pembelian on line ini membuat calon pembeli dapat melihat katalog barang jualan layaknya seperti brosur yang biasa dicetak dan dibagikan di pinggir jalanan. Untuk masalah komplain atau pemesanan dari pihak pembeli dengan tersedianya media komunikasi seperti handphone dan penggunaan jejaring sosial maka hal itu dapat teratasi. Point tambahan lainnya yakni keragaman jenis barang yang dapat diperoleh oleh pembeli, belum lagi ‘keunikan’ yang menjadi nilai jual tersendiri.


Dengan kemudahan dalam penyebaran informasi seperti ini, maka bukan hal sulit bagi banyak pihak untuk turut merasakan hal-hal khusus dari masing-masing daerah, semisal adanya bisnis makanan atau kue-kue tradisional dan perniagaan souvenir khas daerah. Hadirnya program USO secara tidak langsung justru membuat masyarakat mampu mengekspos kedaerahan mereka termasuk di dalamnya nilai kearifan lokal yang dimiliki.


B.      GAUNGKAN MAKASSAR MELALUI ICT USO EXPO 2013
Aksi Robot Poliban di ICT USO EXPO 2012
Gambar : kabarbanjarmasin.com
Hulu dari pemerataan pembangunan infrastruktur dalam wilayah komunikasi dan informasi ini adalah bagaimana masyarakat dan pemerintah konsisten dan seiya sekata serta saling mendukung dalam pelaksanaannya. Untuk itu secara sadar tentang betapa pentingnya arti informasi di saat ini, maka pihak pemerintah yang dalam hal ini Kemenkominfo dan BP3TI kembali lagi menggelar program ICT USO EXPO 2013 yang dimulai dari bulan Januari hingga Mei. Puncak dari acara ini nantinya akan diresmikan oleh Menkominfo, Tifatul Sembiring di Celebes Convention Center yang terletak di Makassar yang berlangsung pada tanggal 23 sampai dengan 25 Mei 2013.

Pemilihan kota Daeng sebagai tempat puncak acara ICT USO EXPO 2013  ini, yang tahun sebelumnya dilaksanakan di Banjarmasin, merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi masyarakat sang Ayam Jantan dari Timur. Melalui ajang ini pula, daerah pengasil kapal Pinisi ini juga dapat menyiarkan dan membangun paradigma baru tentang bagaimana seyogyanya masyarakat sebagai objek dan juga sekaligus pelaku dari program USO untuk bersama-sama membangkitkan kesadaran dan kepedulian terhadap kurangnya rasa kebutuhan dalam membangun akses telekomunikasi dan informasi yang baik terutama kepada para pelajar yang sekarang lebih senang berlama-lama di dunia maya serta peran aktif mahasiswa sebagai simbol agent of change.

Mari gaungkan Makassar dengan kekayaan kearifan lokal yang dimilikinya dengan menjadi bagian para acara ICT USO EXPO 2013. Ewako!!





Makassar, 14 Mei 2013
Oleh : Surya Rahmah Labetubun

Tulisan ini disertakan dalam lomba blog pada pelaksanaan ICT USO EXPO 2013 Makassar dengan tema Melalui ICT USO EXPO 2013 Meningkatkan Produktifitas Nasional Dengan Pemanfaatan Informasi”




Tulisan ini juga diposting pada

You Might Also Like

0 komentar