Olympus Has Fallen, Tragedi Penyerbuan White House Oleh Korea Utara

WWW.GOSEETALK.COM

Diawali dengan insiden kecelakaan tunggal yang mengakibatkan hilangnya nyawa istri presiden, orang kedua setelah presiden dalam skala prioritas menurut prosedur yang mesti diselamatkan, membuat Gerard Butler yang memerankan tokoh Mike Banning, merasa gagal melakukan misinya sebagai seorang pengawal khusus presiden. Pergolakan yang dialaminya menghantarkannya menjadi staf di dinas Pembendaharaan Negara (Department of Treasury). Meskipun terkadang kerinduan untuk kembali mendampingi presiden muncul.


Film besutan sutradara Antonio Fuqua, sutradara yang dikenal dengan film-filmnya seperti Shooter, King Arthur, Tears Of The Sun, dan Training Day. Kali ini mengisahkan tentang misi penyelamatan presiden dari sanderaan kelompok teroris asal Korea Utara di dalam gedung putih (White House), bangunan dengan tingkat keamanan terbaik yang tidak diragukan ini, ternyata mampu diterobos hanya dalam waktu sekitar 13 menit.

www.aceshowbiz.com
Peristiwa ini diawali dengan pertemuan yang dilakukan Aaron Eckhart sebagai presiden Amerika Serikat, Benjamin Asher bersama aktor Keong Sim, sang PM Korea Selatan, Lee Tae Woo. Namun, sayangnya pertemuan yang baru berlangsung beberapa menit itu mengalami kejutan luar biasa. Di luar sana, sebuah pesawat jet asing berhasil menghancurkan 2 pesawat jet milik Amerika Serikat dan kini menembaki apa saja yang dilaluinya, termasuk ke jalanan di mana ada banyak penduduk yang sedang beraktifitas.

Pertemuan serupa juga terjadi dalam dunia nyata, adanya upaya yang dilakukan terhadap kondisi Korea Selatan dan Korea Utara yang kian memanas. Secara teknis Korea Utara dan Korea Selatan masih dalam keadaan berperang sejak konflik bersenjata pada tahun 1953 berakhir. Namun, sayangnya tidak ada upaya menindaklanjutinya dengan perjanjian perdamaian. Kini Korea Utara telah menyetujui gencatan senjata yang disebabkan karena Korea Utara menentang latihan militer tahunan bersama Amerika Serikat - Korea Selatan dan memprotes rencana PBB agar meningkatkan sanksi sehubungan dengan adanya uji coba nuklirnya pada bulan Februari 2013.

Melihat adanya potensi penyerangan menuju ke White House, maka para Secret Service (sebutan bagi para pengawal presiden) berinisiatif untuk mengamankan presiden bersama tamunya menuju bunker. Kini bunker berisi orang-orang penting yang awalnya berada dalam keadaaan aman, tapi siapa yang menyangka Kang, rombongan dari PM Korea Selatan yang ternyata berdarah Korea Utara bersama teman-temannya justru menyandera presiden Asher, PM Lee, dan seluruh penghuni bunker.

mmxlii.com
Film berdurasi 120 menit ini berlanjut pada adegan penyerangan yang masih terus terjadi, Turis asal Asia ikut serta menyerang kediaman presiden. Mulai dari bom bunuh diri sampai penyerbuan terstruktur dengan senjata yang mereka miliki. Melihatnya kondisi White House yang kian memburuk dengan banyaknya jatuh korban dari para pengawal presiden. mengharuskan seorang dari mereka memberikan kode 'Olympus has fallen'. Olympus dalam dunia intellijen merupakan simbol dari White House. 

Dalam sejarah resminya, White House pernah diduduki dan dibakar yang dalam sejarah dikenal dengan peristiwa "Burning of Washington". Peperangan yang dimulai sejak tahun 1812 antara pasukan kerajaan Inggris dan Irlandia dengan pihak Amerila Serikat yang pada akhirnya di tanggal 24 Agustus 1814, saat Mayor Jenderal Robert Ross yang memimpin pasukan Inggris berhasil mengalahkan Amerika Serikat dalam pertempuran Blandensburg, menduduki Washintong DC, membakar semua gedung-gedung publik, seperti White House dan US Capitol yang sebahagian besar hancur (info lebih lanjut: http://en.wikipedia.org/wiki/Burning_of_Washington)

forum.indogamers.com
Dalam film yang ditulis Creighton Rothenberger dan Katrin Benedikt, Banning yang melihat kejadian itu langsung bergegas menuju White House. Target utamanya yakni menyelamatkan presiden Asher, namun dalam perjalanannya menuju bunker. Banning menemukan foto Connor pada salah satu saku dari teroris yang dibunuhnya. Finley Jacobsen mengambil bagian memerankan tokoh Connor, putra semata wayang presiden Asher yang juga merupakan sahabat dan murid Banning. Jika Connor juga tertangkap, kemungkinan hal yang tidak bisa diduga akan terjadi. Setelah berhasil mengeluarkan Connor dari White House, Banning kembali pada tujuan semula, menyelamatkan orang nomor 1 di Amerika Serikat. Banning terus berkomunikasi dengan Morgan Freeman yang saat itu berperan sebagai Speaker Trumbull dan berhasil menjadi presiden Amerika Serikat temporar mengingat presiden Asher masih disandera.

apurvbollywood.blogspot.com
Rick Yune berhasil memancing emosi penonton dengan piawai memerankan tokoh Kang, sang pimpinan teroris yang meminta beberapa hal dari pihak Amerika Serikat, hal-hal yang dapat mengakibatkan stabilitas keamanan dan kedamaian dunia terganggu. Diantaranya penarikan Armada VII kepunyaan Amerika Serikat dari semenanjung Korea Selatan yang dapat mengakibatkan dalam kurun kurang dari 72 jam saja, maka Korea Selatan akan jatuh ke Korea Utara.  Secara bersamaan Kang bersama komplotannya mengeksekusi 3 orang pemilik kode akses Ceberus, salah satu di antaranya adalah presiden Asher, inilah alasan mengapa Connor juga menjadi incaran para teroris itu. Jika saja Kang mendapat ketiga kode tersebut, maka seluruh wilayah Amerika Serikat akan hancur dengan senjata nuklir milik mereka sendiri. Kondisi dimana Amerika Serikat mengalami kegelapan dan kelaparan menjadi tujuan Kang sebagaimana negara asalnya, Korea Utara juga mengalami hal demikian.
Film OLYMPUS HAS FALLEN yang menganut genre action - thriller menyajikan adegan demi adegan aksi pertarungan baku tembak atau adu pisau antar pemain yang akan memacu andrenalin penonton. Pengkhianatan yang dilakukan Dylan McDemmott, agen Forbes, salah satu anggota Secret Service menambah kisah baru dalam film ini. 

Namun, sayangnya bagi para pecinta drama, film produksi Millenium Films ini bukan merupakan pilihan yang tepat. Melihat misi yang dilakukan tunggal oleh Banning mengingatkan kita pada beberapa film seperti James Bond, film heroik yang memperlihatkan aksi tunggal sang tokoh utama dalam menyelesaikan misi yang sayangnya dimana film-film beraliran ini hanya membuat penonton fokus pada aksi yang mereka lakukan dan dengan mudah melupakan kisah seutuhnya atau makna terdalam dari film tersebut.

You Might Also Like

0 komentar