Sekilas Tentang Hypertext Markup Language

Bagi yang berminat dengan pemrograman web atau yang akan atau telah berkecimpung dalam dunia web sudah tentu mengenal HTML. HTML merupakan singkatan dari hypertext markup language, dimana ia merupakan salah satu bahasa yang digunakan untuk menciptakan sebuah halaman web. Dikatakan markup language hal ini karena HTML berfungsi untuk memformat file dokumen teks biasa untuk ditampilkan pada web browser dengan bantuan tag dan atribut yang telah ditentukan fungsinya. HTML juga dikategorikan sebagai bahasa pemrograman yang fleksibel, hal ini karena HTML dapat berjalan di berbagai platform (sistem operasi).


HTML merupakan bahasa pemrograman yang tidak sensitive case dalam artian dalam tata cara penulisannya tidak memperdulikan apakah huruf yang digunakan adalah huruf kapital atau bukan. Selain itu, HTML juga tidak bisa menjalankan proses logika, namun bisa saja kita menyematkan syntax yang menggunakan bahasa pemrograman PHP jika ingin membuat halaman web yang mesti menggunakan fungsi logika.

Elemen HTML tidak sedikit yang merupakan tag berpasangan, dimana setiap tag ditandai dengn simbol "<" dan ">" serta pasangan dari tag tersebut menggunakan tanda "/". Misalnya untuk membuat efek tulisan tebal maka menggunakan tag <b> dan pasangannya adalah </b>.

Ada 3 tag utama HTML, yaitu: HTML, HEAD, dan BODY. Tag HTML berguna untuk menyatakan suatu dokumen HTML. Tag HEAD merupakan header dari halaman HTML dan berguna untuk menyimpan serta menampilkan informasi tertentu, seperti judul halaman web. Tag BODY berguna untuk menampilkan semua isi dokumen HTML, dimana pada bagian ini semua jenis informasi baik teks maupun gambar akan ditampilkan pada halaman web melalui web browser.

Struktur penulisan dokumen HTML yang sesuai adalah:
<html>
<head>
<title>
contoh penulisan
</title>
</head>
<body>
Isi halaman web yang akan ditampilkan melalui web browser
</body>
</html>





*Berbagai sumber

You Might Also Like

0 komentar