Silahkan Memilih


Sumber: rumahhangat.wordpress.com
Seorang anak menjadi tanggung jawab bagi org tuanya. Anak laksana kertas putih, apa pun warna yang diberikan org tuanya, maka itulah warnanya. Mendidik anak tidak terpisahkan dari peran org tua. Namun, terkadang awal untuk mendidik berakhir tragis, misalnya saja jika seorang anak yang memiliki orang tua dengan jabatan yang baik, tidak jarang anak mereka mendapat 'nilai baik' imbas dari kedudukan orang tua mereka. 


Di satu sisi nilai tersebut baik, tapi konten ilmunya belum tentu didapatinya. Di sisi lain, secara sadar atau tidak mereka-orang tua, telah mengarahkan anak mereka menuju jurang perlahan-lahan. Timbul rasa 'meremehkan' yang semakin tertanam apalagi jika budaya tersebut dirawat dan dipupuk dengan cermat oleh para orang tua.                                    

Adanya keinginan untuk melihat sang anak memperoleh nilai baik dapat ditempuh dengan berbagai cara, namun sebaiknya tidak dengan cara instan seperti itu. Sudah saatnya kita mengfokuskan diri bagaimana seorangg anak berproses, mengenai baik atau buruknya hasil yang diperoleh akan menjadi pengalaman terbaik untuknya.

Jika hasil yang diperolehnya bagus, anak akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa dan timbul keinginan untuk mempertahankannya dan itulah saat orang tua memberikan apresiasi terhadap usaha yang dilakukan sang anak.

Namun, sekalipun hasilnya buruk, orang tua dapat turut andil memberi semangat dan bersama melihat masalah tersebut lantas mencari solusi terbaik agar ke depannya sang anak jadi lebih baik lagi.

Ada hal yang mungkin dilupakan. Dahulu jika sang anak masih belajar untuk berdiri atau berjalan, orang tua mereka dengan sabar dan penuh semangat selalu menjadi motivator utama sangat terlihat dengan jelas. Jika sang anak terjatuh, orang tua selalu menyemangati sang anak, mengajaknya untuk tidak menyerah, jatuh hanya bagain dari tahapan yang mesti dilaluinya, bangkit dan mencoba menjadi poin penting, sedangkan berjalan adalah hasil yang menggembirakan.

Cerdaskan anak anda atau tidak, SILAHKAN MEMILIH!

You Might Also Like

0 komentar