Knight Commander of the Order of the British Empire, Si Tim Berners-Lee

Tim Berners-Lee, sang penemu web yang juga menerbitkan buku Weaving The Web yang menarik minat cukup banyak orang merupakan tipikal orang yang sangat tertutup apalagi jika itu berhubungan dengan tentang kehidupan pribadinya, dia betul-betul menghindar publikasi kehidupan pribadinya untuk dikonsumsi orang banyak. Gelar Ksatria diperolehnya dari Kerajaan Inggris (Knight Commander of the Order of the British Empire) pada tahun 2004, karena jasanya menemukan web.

***


Tim adalah anak dari pasangan Conway dan Mary Berners-Lee yang merupakan pasangan ahli matematika yang turut andil dalm tim pemrograman komputer pertama yang dijual secara komersial Ferranti Mark I. Programmer komputer komersial pertama pernah diberikan kepada Mark Berners-Lee karena dia akan ikut ke rempat di mana pelanggan tinggal ketika komputer tersebut akan di-install

Pada waktu sarapan atau saat istirahat atau pada waktu anak laki-laki yang lainnya sedang asyik bermain  bersama, Tim lebih memilih berada di dalam rumahnya di Barners, South London, memainan permainan nomor imajiner yang diciptakan orang tuanya. Orang tua Tim selalu mengajarkannya agar tidak berfikiran konvensional, mereka juga mengajari Tim untuk menikmati matematika kapan pun dan di mana pun.

Pada saat beranjak dewasa, saat Tim memasuki jenjang pendidikan strata satunya, dia memilih jurusan fisika teoritis di Queen’s College, Oxford University pada tahun 1973. Hal ini terjadi karena kegilaannya pada dunia elektronika dan didikan dari kedua orang tuanya mengenai matematika. Semasa kuliah, Tim membuat komputer sendiri, komputer partamanya dibuat dengan prosessor M6800 dan televisi bekas sebagai monitornya.

Pada tahun 1976, setelah Tim menyelesaikan kuliahnya, dia mengerjakan sistem transaksi terdistribusi, teknologi bar code, dan relay pesan selama 2 tahun pada Plessey Telecommunications Ltd., sebuah pabrik telekomunikasi terbesar di Inggris. Pada tahun 1978, Tim membuat software typesetting untuk printer dan sebuah sistem operasi multitasking saat dia tergabung di D.G. Nash Ltd. Selama enam bulan, Juni sampai Desember 1980, Tim bekerja sebagai konsultan software di CERN (Conseil Europeen pour la Recherce Nucleaire) yang sekarang biasa disebut Particle Physics Laboratory, dengan bekal 1 sebelumnya dia menjadi konsultan independen.

Fasilitas CERN yang sangat memadai dipenuhi dengan ratusan sistem dan ribuan periset, membuat Tim kembali membuat mahakarya. Dengan tekun Tim membuat sebuah program komputer yang mengadopsi sistem kerja otak. Sistem hypertext yang Tim kembangkan hanya untuk mencatat beberapa hal; siapa saja yang berekerja dan proyek apa, software apa yang berasosiasi dengan program apa, dan software apa yang jalan di komputer mana. Sistem hypertext pertamanya ini ia beri nama Enquire. Enquire tidak pernah dipublikasikan, karena hanya digunakan untuk kpeluan sendiri. Akan tetapi Enquire menjadi basis konseptual pengembangan masa depan web

Tim bekerja di Image Compute Sistems Ltd., pada tahun 1981 sampai tahun 1984. Dia bertugas untuk mengurusi desain teknis. Di sanalah Tim menggarap software komunikasi dan grafis, juga sebuah bahasa makro generik.CERN kembali merangkul Tim pada tahun 1984, ia mengerjakan sistem yang didistribusikan secara real time untuk akusisi data ilmiah dan kendali sistem, ia juga mengerjakan software sistem FAST-BUS.

Proposal proyek hypertext globalnya ia selesaikan pada Maret 1989, proyek sebuah sistem yang mengkomunikasikan informasi riset di antara para periset di departemen High Energy Physics CERN. Di mana proyek tersebut hadir dengan tujuan untuk membantu para periset jika mempunyai masalah dalam berbagai informasi ke jaringan komputer skala luas dan negara-negara yang berbeda. 

Sistem ini mempunyai desain terbuka, dapat terdistribusi di sebuah jaringan komputer, dan mampu dijalankan pada apa pun jenis sistem operasi komputer yang dipakai di CERN, termasuk Unix, VMS, Macintosh, NeXT, dan Windows.

Tim pada akhirnya berkat dukungan Mike Sendall, bos-nya di CERN dan kerja sama dengan Robert Cailliau yang juga sedang mengusulkan proyek untuk mengembangkan sistem hypertext, membuat sistem pengkodean yang relatif sangat sederhana yang diberi nama Hyper Text Mark-Up Languange (HTML), ia juga merancang sistem alamat web dan kode yang memungkinkan dokumen-dokumen di-link-kan dalam sebuah jaringan yang disebutnya Hyper Text Transfer Protokol (HTTP).

Tim mengembangkan browser pertamanya pada musim gugur di tahun 1990, NeXTStep adalah browser sekaligur editor. Tim menjalankan browsernya di komputernya dan di komputer Cailliau, komunikasi dengan web server pertama di dunia pada info.CERN.ch pada 25 Desember 1990. Situs ini memajang buku telepon CERN, pada saat itu CERN sudah terhubung ke ARPANET setahun sebelumnya. Di newsgroup alt.hypertext, Tim mengirimkan catatan tentang di mana men-download web server dan browser-nya. Tim juga berupaya agar web server dapat mendukung protokol FTP.



#berbagai sumber

You Might Also Like

0 komentar