Perbandingan Kecerdasan Buatan Dan Alami

Keuntungan Kecerdasan Buatan dibanding kecerdasan alamiah, yaitu:
- Lebih permanen. Kecerdasan buatan tidak akan berubah sepanjang sistem komputer dan program tidak mengubahnya.
- Memberikan kemudahan dalam duplikasi dan penyebaran. Jika pengetahuan terletak pada suatu sistem komputer, pengetahuan tersebut dapat disalin dari komputer tersebut dan dapat dipindahkan dengan mudah ke komputer yang lain. Lain halnya dengan mentransfer pengetahuan manusia dari satu orang ke orang lain, pasti membutuhkan proses yang sangat lama dan juga keahlian itu tidak akan pernah dapat diduplikasikan denga lengkap.
- Relatif lebih murah dari kecerdasan alamiah. Untuk jangka waktu panjang, menyediakan layanan komputer akan lebih mudah dan lebih murah dibandingkan jika harus mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam ranga waktu yang sama.
- Konsisten dan teliti. Hal ini mutlak terjadi, karena kecerdasan buatan merupakan bagian dari teknologi komputer.
- Dapat didokumentasi. Keputusan yang dibuat oleh koputer dapat didokumentasi dengan mudah, yakni dengan cara melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut.
- Dapat mengerjakan beberapa task dengan lebih cepat dan lebih baik dibanding manusia

Keuntungan Kecerdasan Alamiah dibanding kecerdasan buatan, yaitu:
- Bersifat lebih kreatif. Kemampuan untuk menambah atau pun memenuhi pengetahuan itu sangat melekat pad ajiwa manusia. Pada kecerdasan buatan, untuk menambahkan pengetahuan harus dilakukan melalui sistem yang dibangun.
- Dapat melakukan proses pembelajaran secara langsung, sementara AI harus mendapatkan masukan berupa simbol dan representasi-representasi
- Fokus yang luas sebagai referensi untuk pengambilan keputusan sebaliknya AI menggunakan fokus yang sempit atau terbatas.




*Sumber : Kusumadewi, Sri, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya),Graha Ilmu: Yogyakarta, 2003. 

You Might Also Like

0 komentar